Selasa, 24 September 2013

Festival Kota Lama - Semarang 2013

Jeng jeng jeng~ Lagi semangat dan rajin nulis nih, hahaha Sekarang gue mau cerita tentang Festival Kota Lama yang diadain tanggal 21 - 22 September 2013.
Well, langsung aja deh ya. Gue sama temen-temen kampus emang niat ke acara ini. Tapi sayang banget kita dateng di hari ke dua. 

Cuap-cuap dikit ya, di hari pertama itu ada Symphony Kota Lama. Dan ada Kak Winda Viska juga, kebetulan dia jadi Guest Starnya. Ada lomba pakaian jadul juga. Seriusan gue penasaran!

Emang kenapa sih kalo dateng hari ke dua? Dan kenapa nggak dateng hari pertama aja?
Nggak kenapa-kenapa sih, gue galau juga waktu itu. Nnnnggg, sebenernya gue juga pengen dateng pas hari pertama tapi . . . waktu itu gue lagi di Jogjakerdah nonton Mocca. Meuheuheuheuheu
Iya, gue nonton teh arina sama bandnya. Mumpung si teteh lagi di Indonesia! :p

Sampai di tekape langsung disambut dengan gapura gede kayak gini:

Oke, lanjuuuuuuuuuttt.

Kemarin sebelum gue kesini, denger-denger sih ya kalo mau masuk area festival itu kudu bayar dulu sekitar 10k. Bener nggak sih?
Tapi kemarin pas gue dateng, kagak disuruh bayar apa-apa. Masuk mah masuk aja. Gue juga kagak liat tuh ada tukang karcis yang narikin duit di depan.

Sampai di area festival, mata gue tiba-tiba aja migrain. Bukan, gue bukan lagi ngelawak tapi gue ngerasa ini semacam pasar malem. 
Stand-stand yang berdiri dengan kegagahan dan keanggunannya bener-bener bikin segelintir orang lupa kalo ini tuh Festival Kota Lama.

Temen gue ngedumel karena nggak bisa ngerasain bener-bener ada di Kota Lama. Oke, gue rasa emang kayak gitu -_-
IMHO, mungkin alternatif yang disuguhin biar kita ngerasa deket dengan Kota Lama tempo doloe adalah dengan ngikutin expo perjalanan kota lama. Tapi gue nggak tau dimana tempatnyaaa. Mana panitianyaaaaaa~ Aaaaaaaaaaakkkk!! Nikahin gueee~~

Gilaaaakkk, rame banget men! Pada fokus sama standnya. Ya ga salah banget sih, emang temanya kuliner.
Tapi itu gedung-gedung lama disekitar Kota Lama terlihat terabaikan.
Tema Festival Kota Lama 2013 adalah kuliner. Ada banyak jajanan tempo doloe yang di suguhkan disini. Seperti dawet ayu, mie kopyok, mie babat, lumpia, pokoknya lumayan banyak sih.

FYI, stand yang berkerucut merah itu ga perlu pake duit festival kota lama buat ngelakuin transaksi,
itu semacam stand iklan, sponsornya rokok men!
stand yg berkerucut putih ini transaksinya pake duit festival kota lama yaah.
ini dia pusat jajanan dan makanan tempo doloe.
Karena perut gue sama temen-temen udah pada demo minta di isi, jadilah kita ke tempat penukaran uang. Gue rasa tempat ini selalu rame. Mungkin karena orang-orang pada mikir 2 kali kalo mau nukerin duit disini. Soalnya duitnya itu khusus untuk festival ini doang, jadi ya kalo sisa ga bisa di apa-apain. Makanya kudu bolak-balik nukerin duit kalo ternyata pengennya nambah. Hahaha
Uang yang ditukerin di sini tuh minimalnya Rp. 1000,- maksimalnya? ga berbatas deh kayaknya, hahahaha

Ini dia "VAN" yang nyediain jasa penukaran uang dengan uang tempo doloe bertuliskan Festival Kota Lama.
Pas dapet ini duit gue berasa lagi mainan monopoli, serius! :))
Expo mobil jaman dulu lumayan seru nih, ada sekitar 5 mobil yang di pamerin di festival kota lama ini. Gue pamerin 3 dulu aja deh ya :p




Lanjut ke Expo barang-barang tempo doloe. Ini tempatnya lumayan kecil ya. Gedungnya juga nyempil. Kalo mata kalian nggak peka mungkin bakal ngirain ini semacam gedung biasa doang. Gue sendiri ngerasa belum puas pas jalan-jalan kesini. Huhuhuhu 

Duit tempo doloe nih, keren yak. Pengen deh duit gue di tuker pake duit ini :D
Boneka jaman doloe. Soriii, ini ngeblurnya kebangetan, huhuh tapi serius itu bonekanya nyeremin ._.
Media elektronik jaman doloe nih. Ada televisi, radio.
ini dia barang-barang antik jaman doloe
Jalan-jalan kemana lagi kita?
Oke, kita masuk ke sebuah gedung yang letaknya tepat di sebelah Taman Sri Gunting. Karena gue penasaran sama isi gedung itu yang katanya ada mobil Pak Karno (presiden pertama kita) disana. Masuk ke gedung buat liat mobil itu nggak gratsi cuuyy! Kita kudu beli tiket masuk dulu 10k. Eits, bayarnya pake duit festival yeee. 

Di dalem sana kita kagak boleh tuh yang namanya jepret-jepret seenak jidat. Kalo lo mau jepret-jepret, lo kudu bayar lagi 10k. Iye, ntar lu di jepret tuh sama fotografer yang ada di sana, fotonya dikirimin via email. Fotonya sih 2 kali, tapi kita bakal di kirimin 1 foto doang. Selain ada mobil Pak Karno, yang satu lagi tuh mobil Mafia. Ada sepeda jaman dulu juga loh di dalam sana, itu buatan USA, Perancis, Jerman, sama Belanda tempo doloe.

cuma ini oleh-oleh dari dalem gedung yang isinya mobil mafia sama mobil pak karno, huhuhu :(
Keluar dari gedung itu, gue coba buat jalan-jalan didepan gedungnya and let's see what i found!

sepeda onthel
Bapak yang berdandan ala pejuang ini memang cucok sama sepedanya.
Gue ngefans sama doi, keren yeee. Hahahahah
ini motor jaman kapan ya coy? Mau deh di boncengin naik ini, hihihi :))
Nggak berhenti sampai disini, gue langsung menuju ke arah panggung yang waktu itu rame banget, penuh deh sama pengunjung.

keren ye kalo pada tertib gini nontonnya :))
Oh iya, ada penampilan Docar Balap lagi akustikan juga nih di panggung~


Daaan next gue bakal ngebahas satu gedung yang nggak mau disebut sebagai bagian dari Festival Kota Lama 2013.
Gedung Spiegel yang menjadi pusat kegiatan komunitas ini emang bikin orang-orang penasaran dengan pernyataan tegasnya mengenai acara yang mereka adakan.


Rupanya komunitas ini juga yang ikut berpartisipasi pada acara Hidden Heritage minggu lalu yang juga diadakan di Kota Lama. Kalo penasaran, bisa mampir ke sini : Festival Banjir Kanal Barat & Hidden Heritage Kota Lama

Ada apa aja sih disini? 
Banyaaak banget, mulai dari sejarah Semarang sampe sejarah gedung-gedung yang ada di Kota Lama. Selain itu juga ada sketsa arsitektur gedung-gedung kota lama.
Oh iya, ternyata hari pertama ada pergelaran musik jazz juga disini. Gue yakin deh serunya kebangetan.

suasana didalem kayak gini nih.
Ternyata ini dia tempat pertunjukan jazz yang diadain hari pertama. Tepat di tengah-tengah gedung.
salah satu penampakan SEMARANG tempo doloe dan sekarang.
Gambarnya keren-keren loh!
gue nampang dulu ye cooy! :D
Setelah capek keliling-keliling, gue kongkow-kongkow bentar sama temen-temen di Taman Sri Gunting. Dan okeeee, jebreeeeeeeeeettt! *jepret woiiii bukan jebreeeeeeettt!!* *nggak nyante*

kenapa ada cosplay nyasar disini??? sebenernya festival jepang ato kota lama??? *nangis dibawah gereja blenduk*
Segitu aja sih berita yang bisa gue bagi. Mungkin karena gue dateng hari kedua kali yak makanya dapet segitu doang. Menurut gue Festival Kota Lama 2013 ini kurang greget,gue belum bisa ngerasain ada di Kota Lama tempo doloe. Gue juga bingung, mau nanya sama siapa disana apalagi kalo kehilangan arah gitu.  Ada sih lembaran peta, tapi tetep aja gue bingung. Ato emang gue aja ya yang bego. Huhuhuh

Dan gue bener-bener tertarik sama komunitas yang nyuguhin banyak cerita tentang Semarang dan Kota Lama di Gedung Spiegel. Kereeeeeeeeen! 10 jempol deh buat isinya :)

Udahlah yaaa, udahan aja. Gue juga udah capek banget nulis. Dadaaaaaaaaaaaaahhhh~

18 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah unik-unik... tema tempoe doloe nya asik klasik... tapi rombongan terakhir cosplayer nyasar kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya, emang klasik sih :))
      hahaha, tau tuh ya main nyasar aja :D

      Hapus
  3. widih asik yak.. ya kalau malang punya malang tempoe doeloe hahay..

    BalasHapus
  4. Kemren sih ada di kota gw, ''Lampung Fair'' tapi ga tempoee doloee :(((

    BalasHapus
  5. Ternyata semarang juga punya ya acara yg membawa kita melihat hal2 yg ada di jaman dulu, di kota malang ada lho "malang tempo doeloe", setiap stand biasanya harus bener2 kayak stand jaman dulu, yg jualan juga harus pake pakaean jaman dulu. Jadi suasananya berasa banget. XD

    Mampir yaaak! (ke Malang Tempo Doeloe dan ke blogku tentunya Kak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah, pasti seru banget yak, kalo tiap stand kayak gitu kerasa banget feel-nya, berasa bener2 lagi ada di tempo doloe :D

      siap mampir deh ke blognya :) ke malangnya ntar kalo ada waktu yak, huhuhu

      Hapus
    2. waaak ketemu orang malang disini. :D

      Hapus
  6. Wah seru, di Malang juga ada Malang tempoe doeloe. Cuman tahun ini nggak ada. Hiks hiks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kok nggak ada sih? yaaahh padahal penasaran, boleh lah klo sempet di posting biar bisa ikut ngerasain ada disana, hehe :D

      Hapus
  7. Woi Fotografernya siapa tu coi ?? cantumin dong wakakakakak

    BalasHapus
  8. kemaren gue ke bandung buat liputan braga festival, hampir sama lah acaranya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh keren tuh kayaknya, jadi penasaran sama braga festival :D

      Hapus
  9. wohooo jadi iri.pengen kesitu jugaaak .. aaaak

    BalasHapus

Abis blogwalking? Jangan lupa ninggalin jejak disini. Mari berbagi opini dan ilmu di comment box.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca~ Salam kenal yaa :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...