Minggu, 28 Oktober 2012

Makanan khas Idul Fitri

Nah! baru muncul lagi didunia ini, taraaaa
Ngemeng-ngemeng sebelumnya gue mau ngucapin selamat hari SUMPAH PEMUDA ya! semoga muda mudi dinegara yang kita cintai ini bisa lebih baik lagi dari bapak dan ibu yang sekarang duduk di kursi tertinggi dalam pemerintahan.

Oh iya, selamat IDUL ADHA juga buat yang muslim. Kemarin, tepatnya hari jum'at ada penyembelihan hewan massal yaaa, kasiaaann si sapi, kambing, kerbau :'o
Dan karna itu juga seharian mulut gue kalo napas bau kambing -_-
Gimana ga bau kalo menu hari jum'at itu kambing melulu. Ada gulai kambing, rendang kambing, sate kambing, dan semua masakan serba kambing. Jangan-jangan nasi goreng juga pake kambing, hueeeekk
Tapi jujur, gue sebagai anak kost ngerasa bangga seharian udah bisa makan daging non stop. Ya maklumlah selama di kost, ga pernah namanya makan daging, gue bener-bener terharu sama pengorbanan sapi, kambing, dan kerbau, kalian keren meen, karna kalian gue bisa melakukan perbaikan gizi :')

Dan puncaknya disini nih, ga sengaja gue aktifin lagi hape gue yang lama~
Berasa sok artis ya punya hape banyak, tapi serius itu hape udah lama buangeeeett, tapi udah rusak, iya rusak, dikit. nnngggg oke, lo mau tau apa yang gue temuin???
Foto-foto makanan yang ada dirumah pas Idul Fitri. Ngaaaah~ spontan air liur gue ngalir gitu aja pas liat gambar menakjubkan yang gue posting disini.
Gue langsung keinget beberapa bulan yang lalu, pas Lebaran gue sempet foto-fotoin tuh makanan yang ada dirumah, rencananya sih amu gue posting di blog, eh ternyata malah terabaikan~ baru bisa ngepost sekarang, huhuhuhu


1. Sate Ayam

    Ini dia makanan populer serumah~ yang namanya lebaran pasti ga pernah luput dari sate ayam. Temen-temen gue sampe apal sama makanan khas yang ada dirumah pas hari besar gitu.
Itu sate buatan sendiri, jadi ya ngiris-ngiris daging sendiri, nusuk-nusuk sendiri, bakar-bakar sendiri, tidur pun sendiri~ *lupakan yang terakhir*

te sateee.. sate ayaammm~


2. Opor Ayam

    Nah, kalo yang ini mah emang wajib pas Lebaran. Opor ayam. Ga tanggung-tanggung, ibu kalo masak opor ayam langsung se-dandang guedeeee buangeeett.. ngaaahh~
Makanan yang terbuat dari kuah rempah dan santan yang dicampur dengan ayam ini bener-bener enak. Apalagi kalo yang buat ibuku. heheheh 

opoooorr ayaaamm!! wajib ada pas IDUL FITRI


3. Buras

    Apa sih ini? Mungkin sebagian dari kalian ga ngerti apa itu buras. Sini deh gue jelasin *benerin kerah*
Jadi gini, buras itu hampir sama sih kayak ketupat ato lontong, bedanya si buras ini nasi-nya dimasak dulu sama santan, nah kalo udah setengah mateng baru dibungkusin pake daun pisang trus di iket pake tali rafia (biar ga berantakan pas direbus), baru deh direbus bus buss~ kalo udah mateng, tali-tali pengikatnya itu dilepas. Rasanya?? enak bangett, guriih, mungkin karna efek dari santan kali yak :D
Buras ini adalah makanan khas dari Sulawesi, biasanya sih temennya si Cotto makassar sama Konro. Tapi sama opor ayam pun tak masalah kok, hahahahah

buraass :(

4. Ketupat

    Oke, untuk yang satu ini mungkin ga perlu dijelasin lagi. Semuanya juga tau kalo ini ketupat. Khas nya Lebaran ya disini nih. Kudu ada sih ya kalo pas Lebaran, tapi kalo ga ada juga gapapa~ :)

ketupat, kalo ini mah selalu ada pas IDUL FITRI (wajib)

DAN GUE KANGEN SEMUA MASAKAN ITU, TERUTAMA BURAS T_T

Untuk urusan suguh menyuguhi cemilan buat yang dateng kerumah. Ibu biasanya nyediain macem-macem kue kering. Saking banyaknya sampe yang dateng kerumah bingung mau makan yang mana duluan. Tapi sumpah beneran banyak banget. Gue aja bingung sendiri pas mau nyicipin -_-



Liat aja deh toples banyak banget gitu isinya macem-macem. Minumannya soft drink!
Serius deh, ga bohong, minumnya soft drink. Abis lebaran gue langsung setor ke kamar mandi, makanan kayak gitu minumnya soft drink. Gokiiiilll~

Okyeehh, syudaah duyuu yaahh ceman-cemaann.. nanti kapan-kapan dilanjut lagi~ buat yang mau share tentang masakan khas Idul Fitri kalian juga boleh kok :D

1 komentar:

Abis blogwalking? Jangan lupa ninggalin jejak disini. Mari berbagi opini dan ilmu di comment box.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca~ Salam kenal yaa :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...