Minggu, 13 Desember 2015

Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

Uyeeee~ Ulalala~
yak, kali ini bakal cerita jalan-jalan yang tak di rencanakan bareng @si_wel ke Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang. Lokasinya di daerah Watugong (arah ke Ungaran), jalanannya rada nanjak gitu, berbukit, heheh. Perjalanannya sekitar 40menit dari pusat kota.

Siang itu matahari lagi panas-panasnya, tapi hasrat untuk menjelajah ke Vihara yang sangat fenomenal itu bener-bener matahin rasa males. Yah, secara seumur-umur numpang hidup di semarang baru kali ini ngunjungin ntu Vihara. Hahahahaha.

Oh iya, disini untuk tiket masuknya dibayar secara sukarela sama pengunjung. Jadi ga ada patokan yang pasti soal tarif tiket masuk.

Yak, kali ini gue ga bakal ngebahas cikal bakal berdirinya Vihara ini. Kita langsung aja tengok ke dalam ada apa aja.

Sama seperti fungsi Vihara yang lain, Vihara ini pun juga digunakan untuk tempat ibadah bagi umat Buddha. Saat masuk ke dalam wilayah Vihara bakal kecium bau dupa dimana-mana.

Ini Viharanya, ada patung dewa didalemnya.
Gue mau foto patung dewanya tapi ga sopan ya karena itu tempat iba
Tampak dari samping vihara, klo mau masuk kedalam harus lepas alas kaki ya

Patung-patung para dewa kepercayaan umat Buddha pun bertebaran dimana-mana. Dan yang paling keren itu di pagoda avalokitesvara yang menjulang tinggi ada banyak patung dewa yang mengelilinginya dari tingkat bawah sampe atas. Kereeeeennn.
Btw, kalo mau tau info lengkap tentang pagoda dan deskripsi pastinya bisa coba main-main ke sini dulu → http://www.visitsemarang.com/artikel/vihara-buddhagaya-watugong

nama lengkap Pagodanya ( '.'

di depan pagoda *-*
Salah satu patung dewa di sisi Pagoda. 
tampak samping dari Pagoda
Ada perpustakaannya juga! I guess didalemnya pasti punya banyak buku seru soal vihara ini atau mungkin info seputar pagoda dan ritual serta budaya umat Buddha. Ya, itu pasti menarik banget! Tapi oh tapi perpustakaan itu sepi bangeeeet, bahkan ga ada pengunjungnya satu orang pun. Penjaganya pun tak ada, gue mau masuk jadi gimana gitu. Ga jadi masuk deh, huh -.-

Penampakan dari depan perpustakaannya yang sepi banget ._.
Oh iya, di samping perpustakaan itu ada tempat untuk semedi/bertapa (??). Ada rumah-rumah kecil yang di depan tiap rumahnya ada tulisan fungsinya untuk semedi apa aja. Suasananya tenang banget, alami, adem, pokoknya betah klo berlama-lama di situ.

ini dia tempat semedinya, ada sekitar 7/8 rumah
yang tiap rumahnya ditujukan untuk semedi yang berbeda
Penampakan depan nih, jadi jelas bgt tulisannya kan :)
Oh ya, selain itu juga ada batu gede banget yang bentuknya kayak Gong. Tau, Gong? Itu loh salah satu alat musik dari gamelan. Konon katanya batu itu adalah batu alam yang udah lama ada di lokasi itu. Karena itu nama lokasinya Watugong (Watu: Batu, Gong: Gong) diambil dari batu alam yang berbentuk gong tersebut.
Batu alamnya ditutupin pager tinggi ini. Itu gue numpang ngeksis ._.v
ini dia bentuk batu alam yang menyerupai gong
Ada 1 patung dewa yang lagi tidur, patungnya gede banget. Hihih. Dan sepertinya dipakai untuk ibadah juga, secara di depan patungnya banyak dupa.

Jangan berisik, psssttt.
Yak, segitu dulu ceritanya ya! Kapan-kapan bakal ngepost cerita jalan-jalan lagi.
Jangan lupa Visit Semarang yaaa, karena banyak lokasi yang keren-keren untuk di explore. Ada yang punya planning akhir tahun ini bakal dihabisin di Semarang? :)


2 komentar:

  1. Saya dulu sempet maen ke Semarang, kirain Semarang cuma punya Lawang Sewu doang, jadi saya cuma sempet maen ke Lawang Sewu doang. Hehehe

    Semoga aja di lain kesempatan saya bisa ke Semarang lagi dan berkunjung ke lokasi2 keren lain di Semarang. :)

    Salam kenal,
    http://penjajakata.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh, iya nih, yg ke semarang pasti taunya lawang sewu, pdhl masih banyak wisata lainnya, hohoh

      Ditunggu kunjungannya ke semarang lg, salam kenal kembali :)

      Hapus

Abis blogwalking? Jangan lupa ninggalin jejak disini. Mari berbagi opini dan ilmu di comment box.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca~ Salam kenal yaa :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...