Minggu, 20 Oktober 2013

My Library World

Perpustakaan, (kita singkat saja 'perpus' biar ga kepanjangan, gitu.) tempat paling nyaman dan tenang tanpa beban. Serius.
Gue kalo lagi bete sering mampir ke perpus buat balikin mood ato sekedar numpang tidur karena kecapekan begadang main PS. Oke, lupain -_-

Dari kecil gue emang doyan baca. Segala macam majalah Bobo, Mombi, sampe buku cerita rakyat, gue punya. Mungkin karena kebiasaan nyokap yang demen banget beli buku jadinya gue doyan baca. Kalo masalah pendidikan, nyokap emang nggak pernah mau anaknya ketinggalan~

SOURCE
SOURCE
  • Waktu SD, perpus itu kayak ruang kosong dengan buku berserakan disetiap raknya yang jarang di lirik. Gue lebih milih baca buku yang dibeliin nyokap daripada harus nongkrong sendirian di perpus sekolah. Rasanya horor aja gitu. Iya, horor baca buku sendirian diruangan yang nggak pernah dipake :/

  • Tapi pas SMP, perpus sekolah itu tempat paling nyenengin sedunia. Gimana nggak nyenengin coba? Tiap jam istirahat gitu gue pasti sempetin mampir ke perpus sekolah dan ternyata disana ada cinta monyet yang muncul secara diam-diam. Awalnya gue pikir doi emang doyan baca tapi ternyata enggak, doi cuma pengen pedekate doang sama gue. Eh tapi akhirnya gagal seneng deh, namanya juga cinta monyet. Haduuuh, masih kecil udah kenal cinta-cintaan, jangan di tiru deh. :|
Jaman SMP itu juga gue suka nongkrong sampe sore di perpustakaan daerah. Banyak banget novel sama komiknya. Apalagi kalo lagi restock buku-buku baru gitu. Gue nggak pernah ketinggalan. Dan disana awal jumpa sama karya Hilman (read: Lupus) dan Agatha Christie.

SOURCE
Lupus! Siapa sih yang nggak kenal sama buku ini? Buku legendaris nih! Gue cinta mati sama karya Hilman yang satu ini. Kocak + gaul abiiiss. Hahahahaha. Setelah bertahun-tahun lamanya akhirnya tahun ini Lupus di filmkan lagi.
Petualangan Lupus yang menggelitik perut ini bisa bikin mood jadi makin baik. "Tangkaplah Daku, Kau Kujitak!", judul pertama yang bikin gue mulai ngefans sama Lupus.

SOURCE
Jadi ceritanya temen gue nggak sengaja nyodorin bukunya Agatha Christie dan gue yang bingung mulai tertarik sama bukunya. Langsung aja gue baca tuh buku, ternyata buku itu nyimpen banyak misteri. Cerita yang berlatar belakang kriminalitas di Inggris ini bener-bener ngajak kita muter-muter dalam kejadian pembunuhan yang bakal diselesaikan secara bertahap sama detektif yang bernama Poirot. Seru!

  • Jaman SMA intensitas baca gue makin meningkat, nggak cuma cerpen, novel, ato komik doang tapi mulai suka sama ensiklopedia. Gue juga mulai ngelirik sastra lama dari sastrawan-sastrawati Indonesia. Penjaga buku di perpus sekolah gaul abis, orangnya nyenengin, nggak kaku, jadi kalo lagi bingung mau nyari buku tinggal minta tolong aja pasti dibantuin. Kadang kalo lagi bete gitu malah asik curhat, hahaha.
Novel "Pada Sebuah Kapal" karya NH Dini yang pertama kali mencuri perhatian. Gue mulai baca novelnya pelan-pelan. Novel ini novel dewasa, hehehe bercerita tentang kehidupan seorang wanita bernama Sri, mulai dari perjalanan hidup dan karir serta kisah cintanya bersama seorang pilot hingga diplomat, sampai pada akhirnya ia terlibat skandal dengan komandan kapal.

SOURCE
Kalo ke perpus gitu biasanya gue suka nyari buku-buku lama yang kertasnya mulai menguning. Bau kertasnya terasa berbeda. Nggak tau kenapa gue selalu suka bau buku yang kertasnya mulai menua. Kombinasi dari bau asam kertas dan dasar lapukan bervanili yang sangat pekat membuat aroma 'tua' di buku itu semakin terasa. Ya, jadi jangan kaget kalo gue suka lama-lama deket sama buku tua. Hahaha

Novel Lupus, Agatha Christie, sampai Pada Sebuah Kapal cuma bisa gue nikmatin di perpus. Iya, jadi cerita yang tertuang di dalam bukunya nggak bisa gue inget secara baik dan benar. Hahaha.

  • Semenjak kuliah, gue jadi jarang ke perpus kampus. Gue lebih suka ke toko buku, ngoleksi buku-buku sendiri. Oh, iya, gue punya cita-cita suatu hari nanti pengen bikin taman bacaan untuk anak-anak. Ya, gitu sih, pengen aja ngajarin anak-anak Indonesia buat rajin baca biar lebih ngerti sama keadaan dunia terutama negara ini.
Perpus kampus gue tempatnya nggak gede-gede amat, terbilang kecil malah. Dan entah kenapa disana juga nggak ada novel ato komik yang nyempil-nyempil imut gitu di bookshelfnya. Sedih coy! Mungkin perpusnya bakal penuh kalo kebanyakan novel sama komik. Iya, mungkin. Akhir-akhir ini gue jadi doyan ke perpus kampus, yah walaupun cuma ngerjain skripsi sih.

Ini foto pas jaman-jaman semester 5 gitu. Iya, jaman-jamannya masih banyak tugas analisis yang ngeharusin mahasiswa/i nongkrong imut di perpus buat ngerjain tugas yang deadlinenya mepet pake banget.

tempat duduk favorit di perpus kampus
nggak sengaja nemu koran numpuk
banyak banget didepan loker, belum dibersihin,
ato gue yang kepagian datengnya [?] :(
Gue juga punya rak kecil yang nampung koleksi beberapa buku, kebanyakan masih novel gitu sih, ada dongengnya juga walaupun cuma dikit. Tapi lumayan lah ya, punya koleksi buku-buku gitu bikin perasaan jadi betah lama-lama di kos. Temen-temen juga sering nanya referensi novel yang bagus, sering pinjem juga sih. Kadang ada yang berbulan-bulan baru balik. Kalo ini perpustakaan beneran mah udah gue kasih denda~ :3

rak buku di kos lagi kosong separo, buku-bukunya yang lain masih dipinjem temen-temen, jadi berasa punya perpustakaan di kos, ya walaupu raknya kecil gini tapi lumayan lah bisa bikin temen-temen betah nongkrong di kos sambil baca buku :3
sebagian kecil koleksi novel yang berhasil ditampung di rak buku kos
Perpustakaan mengenalkan kita pada orang-orang hebat di seluruh penjuru dunia dengan berbagai macam buku dan gaya penulisan yang berbeda-beda, menghubungkan kita dengan dunia yang sangat luas, menampung semua cerita dan opini tentang dunia, dan mengajarkan kita nikmatnya membaca yang diiringi dengan pemahaman.

--------------------------------------------------------------------------------------
Postingan ini diikut sertakan dalam Library Giveaway yang diadakan oleh @lucktygs
Yuuuk ikutan giveaway ini, kita sharing tentang perpustakaan :D


11 komentar:

  1. Suka ama definisi perpustakaan di akhir postingan, mau dicantumin tapi gak bisa di-copy :D

    –> Makasih ya udah ikutan Library Giveaway! ;)

    BalasHapus
  2. Percuma punya buku banyak tapi buku nikah aja gak punya. #pepatah

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 tahun lagi !! 5 tahun lagi aku pamerin buku nikahku! ingat itu subuuuuuuuuurrr!! *gigit batok kelapa*

      Hapus
  3. Ah semoga impian taman bacaannya terwujud ya, kak! :D btw kalau nyium aroma buku tua/lama gitu ati-ati, ntar kutunya kesedot kan repot :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiiinnn :D
      haha, tenang aja, kan yang nyium ini emaknya kutu :p

      Hapus
  4. novel lupusnya yang bikin gue iri, punya hobby baca itu bisa nambah wawasan.

    BalasHapus
  5. kalau bicara perpustakaan jd inget jaman nulis skripsi,,perpus udah jadi rumah kedua :))
    wah mbaknya rajin baca yaa,koleksi bukunya juga banyak tuh,,jd pengen gemar membaca lg kaya jaman2 sma -__-
    salam EPICENTRUM, mampir ya kakaaak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, ngomongin skripsi nih, hahah
      iya dong, banyakin baca lagi lah, nambahin koleksi buku juga :p

      Hapus

Abis blogwalking? Jangan lupa ninggalin jejak disini. Mari berbagi opini dan ilmu di comment box.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca~ Salam kenal yaa :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...