Selasa, 05 November 2013

Tipe-tipe "Giving"

Holaaaaa meeen~ Selamat datang di bulan November~ Selamat Tahun Baru Hijriah, 1 Muharram 1435 H~ Semoga berkah november melimpahi kita semua~ Amiiiiiiin *abis pulang pengajian*

Oh iya, gue mau ngebacot dulu nih soal giving~ yeaahh, it's like I'll give all my heart to you, tapi you just php-in I~ *nunjuk-nunjuk mantan gebetan* *ditabok pacar* *padahal nggak punya pacar*


Lo semua pada tau kan sama giving? 
Tau dong!
Pinter! Giving itu bahasa inggris coy, artinya memberi. 
Udah tau keleess, emang mau bahas apaan sih? 
Jadi gini, sebenernya gue mau cerita dikit nih tentang "Giving". Penasaran? 
Nggak 
Terserah deh, pokoknya lo kudu baca ini. *maksa* *nodong pake cinta*

Langsung aja deh dibaca biar nggak bingung. Ini dia tipe-tipe "Giving" versi gue yang aduhai, yuuk cekibreeettt~

1. Giving = mengharapkan imbalan untuk kepentingan pribadi

Well, untuk kasus ini emang lagi marak banget dikalangan masyarakat. Mulai dari anak kecil sampe orang tua. Orang tipe gini nih biasanya 'rela' buat memberi karena ada reward yang bakal dia dapetin. Apa sih rewardnya? Materi, pencitraan, Misalnya nih ya, anak SD yang disuruh nyokapnya beliin gula di warung sebelah rumah yang jaraknya cuma 10 langkah, nggak bakal mau deh kalo belum di iming-imingi hadiah apa yang bakal didapetin kalo bantuin nyokapnya. Pengalaman jaman gue kecil nih! 

Kalo orang tua tipe kayak gini mah kebanyakan pencitraan. Sok gitu ngasih sumbangan paling gede di acara arisan keluarga elit yang hasilnya cuma buat foya-foya doang biar dapet pujian, biar eksis, makin terkenal dikalangan orang-orang elit. Nyumbang buat bangun masjid sekitar rumah aja kagak pernah ikutan, ini malah nyumbang buat kegiatan yang enggak-enggak. Duuuuh... 


2. Giving without reward

Kalo tipe kayak gini sih, alhamdulillah udah nggak ada. Iya, nggak ada. Siapa sih yang masih memberi tanpa ngarepin imbalan sepeser pun? Tuhan aja ngasih kita nyawa biar kita taat sama ajaranNya dan menjadi orang yang berguna di dunia ato di akhirat kelak.
Bayangin aja deh kalo Tuhan ngasih kita nyawa tanpa ngarepin imbalan? Gue yakin deh ini dunia isinya orang-orang jahat semua. 

Jadi, memberi itu harus ada imbalannya coy! Tapi imbalan yang positif dong. Reward itu kan nggak cuma materi, bisa juga berupa perasaan. Duileeehh~

Misalnya nih ya, lo udah pacaran setahun terus lo jadi sayang banget sama pacar, eh tapi makin lama pacar lo makin bosen ngejalanin hubungan sama lo, masa iya lo mau pertahanin hubungan yang udah nggak bisa saling memberi itu? Lo ngasih sayang lo sama doi, tapi doi nggak ngebales sayang yang lo kasih. Sakit men! Udahan aja deh, cari yang laen! Masih banyak kok, iya, masih banyaaaakkk!! *banting keyboard* 

Contohnya nih, di Semarang ada loh komunitas kece badai cetar membahana ulala kayak @satoeatap sama @SahabatPulauSMG yang mau repot dan sibuk ngasih ilmu mereka buat adek-adek di Semarang, padahal kan mereka bukan guru. *Guru aja yang udah dapet gaji tiap bulan suka males-malesan kalo ngajar  *

Tentu aja temen-temen komunitas rela kayak gitu karena pengen dapet reward. Apa sih rewardnya? Mereka pengen biar adek-adek itu punya wawasan dan pengetahuan yang luas biar bisa jadi orang gede, bukan orang gede yang sekarang lagi sibuk ngebahas OCD tapi orang gede kayak pak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah). 
Memberi itu harus ikhlas, seperti ikhlas memberi ilmu untuk anak-anak penerus bangsa agar dapat membangun dan memimpin negara ini lebih baik.
Memberi itu harus ada reward yang positif untuk yang diberi. Bukan reward berupa materi tapi lebih ke perasaan ingin maju bagi mereka yang diberi sehingga menghasilkan masa depan yang positif.
Reward itu nggak melulu tentang pemberi yang tersenyum bangga tapi juga tentang harapan masa depan yang lebih baik untuk mereka yang diberi.


3. Giving False Hope

Gue yakin lo semua pernah deh ngerasain pemberian kayak gini. Gue juga per. . . ah sudahlah.
Ada yang bingung sama tipe ini? Mungkin karena gue sok nulis pake bahasa inggris yang gue sendiri nggak yakin kebenarannya. Oke, jadi pelaku tipe ini tuh sang Pemberi Harapan Palsu (PHP). *jegeeerrr* *backsound petir menyambar-nyambar* 

Dulu waktu lagi deket sama gebetan, kemana-mana selalu berdua. Makan bareng, minum bareng, main barbie bareng, sampe ke jamban pun bareng. Masa pedekate yang lumayan lama bakal bikin kita makin sayang dan yakin kalo doi bakal nembak kita. Tapi setelah negera api menyerang, sang gebetan pun pergi tanpa meninggalkan pesan. Mungkin doi diculik sama Avatar buat bantuin nyerang negara api. 


PHP? 

Wahai para pemberi harapan palsu, berhentilah mengumbar perasaan kalian kepada orang-orang yang kalian beri harapan palsu. Sesungguhnya memberi harapan palsu itu tidak baik, ada baiknya kalian memberi harapan lapangan pekerjaan yang pasti buat orang-orang yang membutuhkan. *kultum edisi tahun baru hijriah* 

4. Giveaway

Hoihoii guys, ini yang paling ditunggu-tunggu sama blogger-blogger kayak gue. Sebut saja gue #BanciGiveaway. HA HA HA HA~
Kalo ditanya kapan gue bikin giveaway, gue bakal jawab, kapan-kapan . . . iya, kapan-kapan~ *kemudian seluruh blogger mengheningkan cipta*

Jadi sebenernya gue ini lagi ikutan Giveaway yang diadain sama teteh @MahadewiShaleh. Buat lo yang ngaku #BanciGiveaway, langsung aja deh ikutan GAnya. Hadiahnya apaan sih? Cuuuss ke tekapenya aja gih ->> http://www.msmahadewi.com/2013/10/msmahadewicom-mini-giveaway.html

Giveaway MsMahadewi
klik gambar
*nb: 
Gue harap lo semua nggak nanya soal bahasa-bahasa asing yang gue pake di postingan kali ini. Bukan, bukan karena gue nggak ngerti sama artinya, tapi lebih ke table manner lo sebagai pembaca. Maksudnya? gue juga nggak ngerti~ *dikeroyok pembaca*

"giving" pic source: surrealiseme.deviantart.com

11 komentar:

  1. ahahaha,udah nyangka bakal nyentil-nyentil soal giveaway! #mentalbancikuis

    BalasHapus
  2. Hiahaha gue kira apaan itu Giving False Hope kak, ternyata oh ternyata.....PHP! :))

    BalasHapus
  3. Bener juga ya, kalo di pikir-pikir mana ada sih jaman sekarang memberi tanpa mengharapkan imbalan. Hehe. Tapi, kalo ada kita memberi karena kasihan/iba itu cocoknya sama poin yang mana? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana aja deh, hahah intinya memberi itu pasti ada alasannya :p

      Hapus
  4. Ke blog aku aja, besok ada giveaway kecil-kecilan heheh

    BalasHapus
  5. ibu yang menyusui anaknya, ini contoh memberi tanpa pamrih apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. pamrihnya biar anaknya pinter, cepet gede, tumbuh sehat. pamrih yg tdk berwujud tapi dirasakan pake HATI :D

      Hapus
  6. TODONG AKU KAK!! TODONG!!! #ehh

    Wah kerenn ikut2 kegiatan positif kek gitu,
    Iya sih, kita memang harus banyak memberi drpada meminta, soalnya meminta2 itu kerjaannya Gepeng.. #ehh

    Aku juga mauu Giving nih.. Tolong diterima ya... *kasih hati*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaaaaaakkk~ sini aku todong kamuuhh~ siniiiiiihh~ :))

      *ambil hati* *simpen di loker*
      makasiiiih hatinyaaaaaaaaaah~ :D

      Hapus

Abis blogwalking? Jangan lupa ninggalin jejak disini. Mari berbagi opini dan ilmu di comment box.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca~ Salam kenal yaa :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...