Minggu, 10 Maret 2013

Kebun Binatang Mangkang, Semarang

Akhirnya dapet objek baru buat nge-post, fiuuhhh,, 
Oke, langsung aja yaa. Oh iya, ini postingan gue tulis langsung di blog, dadakan sih, tapi gapapa deh, mumpung lagi niat, muehehehhe..

Jadi hari sabtu kemarin, gue sama temen-temen se-kost "piknik" bareng ke BONBIN. Ada yang bingung dengan sebutan bonbin? 
Bonbin itu singkatan dari "Kebon Binatang", bener gitu nggak sih? soalnya BON harusnya KEBON, kalo BUN kan KEBUN. So, mana yang paling bener? Kebun ato Kebon? Ah, udahlah terserah. Pokoknya seneng aja deh. 

Gue mau bahas BONBIN. Setau gue sih ini sebutan umum untuk taman margasatwa. Kalo ada yang belum tahu, ya berarti gue yang ngaco. Waktu gue masih kecil pasti liburannya ke bonbin. Dan pas udah gede gini tiba-tiba hasrat untuk kembali liburan atau sekedar piknik ke sana muncul lagi. Lo nggak perlu tau sih apa tujuan utama gue ke sana, tapi kalo emang lo maksa, gue bakal cerita deh. Jadi tujuan gue ke bonbin tuh sebenernya cuma mau ketemu sama gajah, iya gajah, GAJAH! Kayak gini:
ini G-A-J-A-H
Bukan, gue bukan mau bahas asal mula kata bonbin atau keinginan gue buat ketemu sama gajah. Tapi gue mau cerita bagaimana perjalanan menuju bonbin dan keadaan bonbin.

Gue sama temen-temen (Janita, Mbak Hita, Echa, dan Izzu) mutusin buat jalan-jalan ke bonbin Mangkang. Sebenernya ada si Eva juga sih, tapi pas mau berangkat, dia di suruh pulang ke rumah sama mamahnya. Yaudah akhirnya kita pergi berlima. Bonbin itu letaknya lumayan jauh sih dari tempat gue. Eh tapi ini di Semarang cuma ada 1 ya bonbinnya? -_-

Kita berangkat sekitar jam 10 an pagi dari arah tugu muda. Kita naik bus trans semarang ke mangkang. Lumayan lama juga sih nunggu di halte, akhirnya dengan ke-pede-an yang masih penuh, kita berfoto ria~
Ah iya, gue mutusin pergi dengan jerawat gede yang masih nongkrong kece di muka gue T_T


Beberapa menit kemudian, bus trans yang ditunggu akhirnya datang juga, ayooo berangkaaaaaaaaatttt!! 
Seperti biasa, didalam bus juga kita nggak mau diem,masih tetep bergaya~ muahahah


Kurang lebih sekitar setengah jam-an, kita sampai juga di terminal mangkang. Untuk sampai ke bonbin, kita harus jalan kaki dan itu juga lumayan jauh, lumayan capek -_-
Sekitar 15 menitan kita jalan, sampai juga ditempat yang di tuju. Oke, ngeksis lagi dong di depan kamera. Ini sejenis gerbang utama bonbinnya. Ini dia penampakannya beserta cewe-cewek kece. Keren yaaa :D


Sebelum masuk ke bonbin, kita di wajibkan untuk beli tiket. Tiketnya murah banget, cuma Rp. 5.000,00
Loket yang nggak terlalu ramai ini hanya di jaga sama 1 orang. Seperti biasa, narsis lagi~


Saat memasuki bonbin, kita disambut sama pohon sakura jadi-jadian yang gede banget. Hahaha

boleh ya kalo gue nampang~ hahaha
Petualangan mengelilingi bonbin pun di mulai.
Gue sempet liat gajah yang di naikin sama orang-orang. Awalnya sih gue mau ikutan naik, tapi kok kasihan ya gajahnya, yah nggak jadi deh :')
Hal yang pertama kali bikin gue kaget adalah keadaan satwa dan kandangnya sama sekali kelihatan seperti nggak terurus. Seharusnya ada beberapa petugas yang memang berada di beberapa lokasi untuk memperhatikan atau bahkan merawat satwa. Tapi yang gue lihat, petugasnya sama sekali nggak muncul. Gue nggak ngerti deh, ini petugas emang nggak pernah muncul atau emang belum muncul.

ini Kebo Bule dan kandangnya
katanya temen-temen ada 2 gajah disini, tapi yang dikandang cuma 1,
ternyata yang 1-nya lagi di naikin sama pengunjung bonbin.
GAJAH yang malang :')
ini kelinci lucuuuu banget. kelincinya ada banyak.
tapi gue kaget karena ternyata mereka sekandang sama  kijang!
ini apa ya? kijang bukan? kayaknya sih gitu
ini kura-kura, sepertinya dia lagi galau~
orang utan
Gue punya cerita lucu nih tentang orang utan yang satu ini. Jadi itu orang utan yang tadinya cuma diem tiba-tiba gelantungan di pohon terus salto 3 kali gitu. Nah, di sekelilingnya tuh ada semacam pembatas antara kandang dan tempat pengunjung berupa genangan air yang didalamnya ada banyak ikan kecil-kecil. Sampai di batas itu, orang utannya berhenti terus diem lama banget sambil ngeliatin kita. Lama kelamaan kok dia kayak mau jatuhin diri gitu kedalam air, eh nggak taunya dia malah puup dan tai nya itu nyempung ke dalam air tadi *brb kabur*

abis putus cinta, sabar ya nyet :')
Karena gue nggak kesampaian foto sama gajah asli, akhirnya gajah batu pun jadi~

I LOVE GAJAH
Satwa di sana nggak cuma itu aja, masih ada burung merak, kasuari, elang, beo, kakatua. Juga ada harimau, singa, macan, biawak, angsa, buaya, dan sebagainya. Tapi sayang sekali sepertinya mereka banyak yang sudah punah, soalnya binatang yang ada disana minim banget, bener-bener minim. Padahal pengunjung di bonbin ini lumayan loh. Tarif masuk bonbin yang murah jangan dijadiin patokan buat ngerawat satwa dong. Kasihan kan kalo mereka nggak terurus. Sekarang anak-anak muda udah banyak yang males ke tempat beginian, mereka lebih seneng nongkrong di mall atau cafe. Coba deh sekali-sekali kalian main ke sini. Rasanya sakit hati banget liat binatang-binatang yang dibiarin gitu aja di kandang seperti nggak terurus :')
Haah, oke, cukup sedih-sedihnya, harusnya ini jadi kritik buat pemerintah. Jangan cuma koar-koar di televisi tentang pelestrian hewan yang hampir punah tapi juga harus di buktiin.

Di bonbin itu juga ada danau buatan buat naik bebek-bebek'an. Karena gue, Izzu, sama Echa udah capek banget dan males naik bebek, akhirnya cuma mbak Hita dan Janita yang naik. Hahahaha


Setelah capek keliling bonbin, akhirnya kita istirahat dan makan mie ayam bakso.

Mari makan. Bismillah. Itadakimasu.
Sebelum pulang harus beli harum manis dulu 
(read: permen kapas)

Setelah makan dan beli harum manis, kita pulang dengan transport bus trans (lagi). Berbekal harum manis yang tadi di beli, akhirnya dengan senang hati kita habiskan didalam bus trans. meuhehheheh

Sekian perjalanan yang cukup menyenangkan, mengharukan, dan melelahkan. Semoga teman-teman yang baca bisa ngebayangin apa aja yang ada di sana. Kayaknya sampai disini dulu deh ya. Kapan-kapan gue sambung lagi kali dapet pengalaman yang asyik. See yaa 

12 komentar:

  1. klo sama terminal mangkangnya sebelah mana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan terminal mangkang mas, lurus aja bentar, nanti pasti nemu gerbang gede dgn tulisan taman marga satwa semarang, nah masuk aja :)

      Hapus
  2. haduh.... udah lama pengen ke bon-bin yang di Semarang... mpe sekarang blum keturutan.. lihat ini postingan jadi tambah ngiler.......... :-D

    BalasHapus
  3. bonbin mangkang panasss ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gak ya bonbin mangkang berubah jd kyk bonbin jatingaleh (tinjomoyo) dulu ,ademm

      Seruan jg aku dulu ,bareng* kesana pake motor roda tiga (tossa/viar) :D *curhat dikit*

      Hapus
    2. bisa aja sih, tergantung pemerintah dan warga semarang sendiri :)

      Hapus
  4. saya udah hihi :D

    mudahan bisa terus menjadi wisata menarik buat semarang

    BalasHapus
  5. Kirain pohon sakuranya beneran gak taunya jadi jadian

    BalasHapus
  6. Dah kangen pengen jalan2 kesana LG ...pasti menyenangkan ....hihihi

    BalasHapus

Abis blogwalking? Jangan lupa ninggalin jejak disini. Mari berbagi opini dan ilmu di comment box.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca~ Salam kenal yaa :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...